Medical Support

Radiologi adalah suatu ilmu tentang penggunaan sumber sinar pengion dan bukan pengion, gelombang suara dan magnet untuk imaging diagnostik dan terapi.

Radiologi terbagi atas:
Radiologi Imaging dan Radiologi Intervensi.

  • Radiologi Imaging
    Adalah teknologi pencitraan (seperti Konvensional sinar-X, USG, Computed Tomography Scan, Magnetic Resonance Imaging (MRI), Kedokteran Nuklir, dan Tomography Emision Positron (PET), sebagai diagnosa penyakit.
  • Radiologi Intervensi
    Adalah jenis intervensional non bedah yang dikenal dengan sebutan Cath Lab, dan Digital Substraksi Angiography (DSA), sehingga lebih aman serta waktu penyembuhan yang lebih cepat, yang termasuk didalamnya antara lain: Angiografi ( mengintervensi pembuluh darah termasuk jantung), Embolisasi (menghentikan pendarahan), pemasangan stent, Needle Biopsy, Intravaskuler Ultrasound, Ekstraksi Benda Asing, Trombolisis.


Konvensional Radiografi Non Kontras
Merupakan modalitas pemeriksaan radiologi yang menggunakan sinar-X tanpa kontras media. Kelebihan Konvensional Radiografi Non Kontras yaitu radiasi sinar-X yang ditimbulkan lebih kecil dan pemeriksaan yang dilakukan cepat.


Mammografi
Merupakan suatu pemeriksaan X-Ray khusus untuk menilai jaringan payudara. Mammografi juga dikenal sebagai pemeriksaan standard untuk mendeteksi kanker payudara secara dini.

Dengan peralatan modern, jumlah radiasi yang dihantarkan ke payudara pasien cukup rendah karena penekanan hanya dilakukan beberapa detik untuk setiap posisi. Penekanan yang dilakukan selama pemeriksaan Mammografi juga akan berdampak membantu mengurangi paparan radiasi terhadap pasien tersebut. Sejauh ini, tekanan yang dilakukan pada payudara selama pemeriksaan Mammografi tidak terbukti merusak jaringan payudara atau menyebabkan penyebaran kanker payudara.


Panoramic
Merupakan pemeriksaan foto rontgen konvensional untuk melihat susunan dan anatomi gigi secara keseluruhan
Mobile X-Ray


Merupakan alat konvensional sinar-x yang dipergunakan untuk foto rontgen di tempat / ruangan apabila pasien tidak memungkinan untuk dimobilisasi.

Fluoroscopy
Merupakan modaliti pemeriksaan radiologi yang menggunakan sinar-x yang ditampilkan langsung pada layar monitor. Kelebihan pemeriksaan Fluoroscopy yaitu pasien atau keluarga pasien dapat melihat pemeriksaan pada layar monitor secara langsung.

USG (Ultra Sonografi)
Merupakan pemeriksaan radiologi dengan menggunakan modaliti gelombang suara yang dipancarkan melalui media tranduser apabila melewati objek searah yang dipantulkan tersebut ditangkap kembali yang kemudian diolah menjadi gambar yang ditampilkan melalui monitor dan cetak film.

Kelebihan USG:
Tidak ada radiasi sinar-X
Dapat memeriksa pembuluh darah
Sebagai modaliti awal untuk kasus emergency khususnya akut abdomen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *